Agustin Neng "cuiienn"

mOmEnt WitH Youu nO MOveon

Mahasiswi Cantik Sulap Pelepah Pisang Jadi Sepatu High Heel…

on April 4, 2013

Surabaya – Penggemar fashion sepatu high heel rupanya harus melirik produk lokal satu ini. Dibuat dari bahan pelepah pisang, sepatu high heel bikinan mahasiswi ini pun ramah di kantong.

Meilyana Prasetyo (21) mahasiswi jurusan Desain Manajemen Produk Fakultas Industri Kreatif Ubaya ini menyulap pelepah pisang (atau yang sering disebut gedebog) ini menjadi salah satu bahan penyusun alas kaki. Dia butuh waktu 5 bulan untuk masa percobaan.

“Sayang kalau pelepah pisang itu dibuang setelah masa panen. Maka itu, saya punya ide memanfaatkan pelepah pisang menjadi sebuah produk yang layak jual,” kata perempuan yang akrab disapa Meli ini saat ditemui di Gedung International Village, Ubaya, Rabu (3/4/2013).

Meli mengakui dirinya sangat tergila-gila terhadap fashion, terlebih pada sepatu high heel. Maka itu, ide pemanfaatan pelepah pisang pun segera ia padukan dengan hobinya, pecinta fashion.

Awalnya Meli harus berulang kali melakukan trial and error. Meli harus mengantisipasi supaya bahan pelepah pisang ini tidak rapuh dan cukup kuat dikenakan sebagai alas kaki.

Mahasiswi angkatan tahun 2008 ini juga mengalami kesulitan teknis. Meli harus memutar otak, memikirkan bagaimana cara mengeluarkan getah pelepah. Getah akan membuat kesan lengket dan tidak nyaman bila masih menempel pada pelepah pisang.

“Saya kesulitan di proses pengeringan, bagaimana caranya supaya semua getah bisa bersih dari pelepah pisang yang akan diolah. Kemudian, saya juga harus mengolah pelepah itu supaya nggak gampang putus,” tutur Meli.

Setiap pasang alas kaki berbahan pelepah pisang ini diproduksi dengan biaya kurang lebih Rp 180 ribu hingga Rp 200 ribu. Alas kaki untuk pria, justru lebih murah harga produksinya.

Sementara itu, tahap finishing, Meli memberi sentuhan akhir. Terutama pada alas kaki untuk perempuan, Meli memberi sedikit lukisan abstrak bernuansa merah untuk kesan smart dan meriah.

Meli mengakui, produk alas kaki berbahan pelepah pisang ini masih memiliki banyak kekurangan. Alas kaki atau sepatu high heel miliknya ini tak boleh terkena air secara terus-menerus. Bila terkena air pun, Meli menyarankan supaya alas kaki berbahan pelepah pisang ini tidak dikeringkan langsung di bawah sinar matahari.

“Kalau kena air terus-menerus, bisa rusak,” pungkas dia.

(nrm/fat)

http://surabaya.detik.com/read/2013/04/03/114548/2210310/595/mahasiswi-cantik-sulap-pelepah-pisang-jadi-sepatu-high-heel

https://agustinneng.wordpress.com/wp-admin/post-new.php


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s