Agustin Neng "cuiienn"

mOmEnt WitH Youu nO MOveon

Cara Membasmi Virus SMS dari Ponsel Symbian (HP Nokia)

on April 13, 2013

Mungkin anda mengira ponsel symbian biasa anda terhindar dari virus karena hanya terdapat fitur SMS dan telepon. Tetapi karena canggihnya pembuat virus, mereka bisa menyerang siapa saja termasuk menyerang ke pengguna HandPhone kelas bawah sealipun yang sebetulnya tidak begitu rentan terhadap virus.

Cara Hapus Virus pada Ponsel Nokia Symbian

Ada virus yang bernama 3396003964 ini merupakan virus dari SMS biasa namun dapat dengan sendirinya melakukan tindakan otomatis mengirim sms ke 3396003964. Bila mengirim ke nomor lokal mungkin anda masih memaklumi dengan sms gratis dari operator yang anda gunakan. Namun bila mengirim ke luar negari bisa anda bayangkan berapa biaya yang dikeluarkan. Untuk mengganti nomorpun anda pasti merasa sayang karena sudah terlanjur hafal atau teman anda sudah mengetahui banyak.

Bagi anda yang terkena virus ini dan anda tidak tahu bagimana cara menghilangkan virus, artikel ini bisa anda jadikan referensi untuk menghapus virus dari HP Nokia Symbian anda untuk selama-lamanya:

  1. Yang wajib dilakukan adalah silakan lakukan back up data ponsel anda. Untuk menghindari kerusakan data yang ditimbulkan oleh virus ini.
  2. Silakan lepas MMC anda dan lakukan scan dengan menggunakan computer anda. Bila anda mengetahui ada file yang terinfeksi virus silakan hapus dengan menggunakan antivirus atau dengan cara manual. Namun bila ingin lebih aman silakan format ulang kembali MMC anda menggunakan komputer. Sebelum format MMC, pastikan semua data penting anda sudah di backup ke media lain.
  3. Setelah anda  back up data silakan reset ponsel anda. Caranya dengan ketikan *#7370# pada layar HP anda bukan dengan sms. Nanti akan dengan otomatis akan reset dengan sendirinya. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan semua data anda sudah di backup ke media penyimpanan lain karena reset akan menghapus semua data di HandPhone Sysmbian yang anda miliki.
  4. Pada dasarnya setiap ponsel yang telah anda reset seperti langkah diatas seharusnya sudah bersih. Jika merasa belum bersih ada baiknya anda datang ke tempat service ponsel untuk dilakukan flash ulang. Jika anda merasa aman dengan menggunakan metode ini silakan anda lakukan.

Ada kalanya ponsel ada butuh perawatan dengan baik sehingga terhindar dari virus. Namun, jika ponsel tersebut sudah terjangkit virus, mau tidak mau anda harus menghapusnya dengan segera. Tetaplah waspada dengan virus karena virus bisa masuk dari mana saja. Jangan sembarangan membuka atau mengkoneksikan HP dengan media lain (Semacam bluetooth) kalau memang tidak diperlukan.

Jika anda punya pengalaman seputar virus di HP Nokia Symbian, jangan ragu untuk berbagi pengalaman dengan kami dan pembaca lainnya dengan meninggalkan komentar di akhir artikel.

http://www.teknologiku.info/cara-membasmi-virus-sms-dari-ponsel-symbian-hp-nokia.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s